Wednesday, July 6, 2016

Kesalahan Persepsi dalam Perjalanan menggunakan mobil pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan dengan keluarga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan kendaraan umum.
Tetapi akan menjadi bencana jika kita melakukan kesalahan atau salah persepsi. Hal ini menurut saya telah terjadi pada mudik 2016 kemarin, seperti dikutip pada detik.com 12 orang meninggal pada kemacetan horor di brebes.

Beberapa kemungkinan bisa menjadi penyebab pada tragedi tersebut, saya akan menyoroti dari sisi salah persepsi tentang kendaraan kita.

  • AC Mobil anda bukan mesin penghasil oksigen
Mobil yang dilengkapi dengan AC akan didesain tertutup "rapat" agar udara dingin tidak keluar dari mobil dan tetap berada di dalam kabin mobil. Hal ini bertujuan meningkatkan efisiensi mesin AC dan bahan bakar mobil. Jika kurang rapat maka udara dingin akan keluar dan AC akan bekerja lebih lama dan menghabiskan bahan bakar lebih.
Akibat ruang tertutup tersebut maka jumlah oksigen dalam kabin jika dihirup oleh penumpang lama kelamaan akan habis dan tergantikan oleh Karbondioksida. Kekurangan oksigen sangat berbahaya bagi tubuh, ciri awal adalah tubuh terasa lemas, kurang semangat, mudah stress dll, silahkan cari referensi sendiri. Pada kondisi kekurangan oksigen tubuh akan lemah dan jika memiliki penyakit bawaan bisa kumat.

Saran, setiap 1 km (sesuaikan kebutuhan anda) dalam perjalanan bukalah jendela mobil anda agar udara dalam kabin berganti, agar oksigen dari luar bisa masuk.
Berhenti istirahat di dekat pohon agar kita bisa menghirup oksigen dari luar ruangan.





  • AC Mobil (dan semua AC) membuang kelembaban udara
Dalam bekerja AC akan mengurangi kelembaban udara dalam ruangan, dan otomatis akan menarik kelembaban kulit dan dalam tubuh anda. Jika kondisi ini diteruskan maka besar kemungkinan tubuh akan kekurangan cairan (dehidrasi). Tubuh akan kekurangan cairan dan bisa berakibat fatal karena air digunakan dalam metabolisme tubuh.
Jika kita terlalu lama dalam mobil, yang merupakan ruang tertutup apalagi dalam kondisi macet dimana kita tidak bisa turun dan istirahat.
Saran konsumsi air yang cukup meski kita belum haus agar bisa mengkompensasi cairan tubuh yang di ambil oleh AC.

NB : Yang saya tulis hanya persepsi masuk akal dan bukan berdasar pengalaman, karena saya belum punya mobil, Sekiranya ada yang harus dikoreksi silahkan komen, terimakasih.
Selamat bepergian semoga anda sekeluarga selamat !

No comments:

Post a Comment