Monday, October 24, 2011

comment : Bisnis MLM

Sebuah bisnis MLM (Multi Level Marketing) bukan hal yang aneh, mulai diperkenalkan sekitar 1997an (mungkin sebelumnya) sampai hari ini bisnis ini terus menjulang tinggi, hal ini dikarenakan gencarnya promosi tentang keuntungan dari bisnis MLM. Ada banyak sekali perusahaan-perusahaan MLM yang ada di Indonesia yang terbagi dalam beberapa bidang, antara lain kosmetik, obat/herbal, suplemen makanan/makanan sehat,
Mungkin bagi anda yang belum bergabung dengan jenis bisnis ini akan bertanya, "Up line saya bonusnya gede, brati harga barang aslinya jauh lebih murah, buktinya bisa bayar dia segitu banyak.".  Kenapa bisnis MLM bisa mengeluarkan uang begitu besar bagi para membernya, akan kita bahas:

Kenapa perusahaan MLM bisa berhasil

1. Perusahaan MLM tidak beriklan di media massa. Iklan di media massa (TV, Koran, Majalah dll) membutuhkan dana yang sangat besar, apalagi durasi yang supersingkat untuk bisa menjelaskan detail produk hampir dikatakan tidak mungkin. Dengan sistem MLM promosi produk dilakukan oleh para agen, lengkap dengan detail produk, jenis produk dll.
2. Rantai pemasaran yang sudah terjalin akan membuat penjualan terus berlanjut, para agen baru akan berlomba untuk mencapai target penjualan/bonus, dengan menggunakan rayuan dan bujukan agar orang mau membeli produk tersebut, meskipun belum tentu produk tersebut diperlukan. Hal ini berbeda dengan sistem penjualan konservatif/biasa, dimana pembeli bebas membeli produk tanpa ada rayuan atau bujukan, pembeli membeli produk biasanya karena memang sedang/akan membutuhkannya.
3.Produk-produk MLM biasanya memang bukan produk yang umum dijual dipasar bebas, misalkan produk herbal, jarang orang tahu tentang produk ini jika tanpa ada penjelasan mendetail. Kita sebagai orang awam pada awalnya tidak kepikiran untuk membeli produk semacam ini, karena kita sama sekali tidak tahu. Dengan penjelasan produk dari agen MLM, kita jadi berfikir kembali dan mungkin ingin mencobanya.
4. Bonus besar bagi para agen yang sudah memiliki jaringan penjualan yang luas, hal ini dirancang agar agen mau berlomba untuk membuat sebuah jaringan dengan beberapa level, karena itu disebut multi level marketing

Jadi apakah anda mau bergabung dengan sistem bisnis MLM?
Hal-hal yang perlu anda waspadai tentang MLM (bukan bermaksud menjatuhkan) sebelum anda bergabung:
1. waspada terhadap janji manis, janji kaya, passive income. Ya mungkin ada beberapa orang yang berhasil kaya, mendapat penghasilan pasif (teori robert kiyosaki), mereka berusaha dengan sungguh sungguh, mereka tidak langsung kaya dan mendapat penghasilan pasif, mereka tetap harus menjual produk..sesuai dengan konsep konvensional, anda berdagang, kalo laku anda kaya, kalo tidak laku ya tidak kaya.
2. anda harus membuat jaringan jika anda ingin mendapat passive income. bahkan pada beberapa perusahaan MLM, meski anda sudah memiliki jaringan, anda tetap harus melakukan penjualan, kalo anda tidak melakukan penjualan maka bonus anda dari jaringan juga hangus.
3. baca dan pahami sistem MLM anda terlebih dahulu, coba kesampingkan janji kekayaan.
4. Pahami produknya, coba dilihat prospeknya bagaimana, apakah anda akan mampu menjual produk tersebut, menjual kepada siapa? dll
5. Anda  tidak akan kaya mendadak, hanya dengan bergabung dengan sebuah perusahaan MLM. Semua butuh proses, waktu, dan usaha. be realistic

Menjadi kaya juga tetap harus berusaha, bekerja dan berdoa
Info: Saya tidak berniat ingin menjatuhkan/mengangkat sistem MLM
Saya tidak/belum bergabung dengan sistem MLM
Semoga kalau anda memutuskan bergabung dengan MLM, anda tidak salah pilih
Kalau anda tahu ada perusahaan MLM yang bisa membuat kaya dengan sedikit kerja, tolong info balik ke saya.

No comments:

Post a Comment